Setiap periode kepengurusan, ada beberap departemen yang membawahi semua program kerja ESA atau HMPS Pendidikan bahasa Inggris Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Berikut ini adalah departemen yang berada di kepengurusan ESA periode 2016/2017 :

Departemen Edukasi dan pengembangan kemahasiswaan

Edukasi Edukasi adalah divisi yang membawahi semua kegiatan kemahasiswaa ESA yang berkaitan dengan edukasi dan pengembangan diri kemahasiswaan.

Divisi Edukasi : Hasan Sidik, Ignatius Diego Nilan, Septian Nadya

Departemen Media, Publikasi dan Pemasaran

Departemen Media adalah media dan publikasi semua kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Salah satunya adalah mengelola website; sosial media dan mading info. Tidak hanya itu namun juga sebagai tim kreatif dalam pengelolaan merchandise ESA berupa seragam, tshirt dll.

Divisi Media : Wulandari A Adiman, Alpacino, Taufik Hidayat, Yuni Sulistyowati

Departemen Kreatif, Bakat dan Minat

Departemen Kreatif menjadi divisi yang mengembangkan segenap potensi yang dimiliki mahasiswa baik di aktifitas akademis maupun non akademis. Program kerja selama satu periode selalu mengedepankan kreatifitas dan keaktifan mahasiswa pendidikan bahasa Inggris universitas Mercu Buana Yogyakarta di berbagai kegiatan positif/

Divisi Kreatif : Yoga Hutama, Fitra Trisanti, Zulfa Halimah

Departemen sosial dan hubungan masyarakat

Departemen hubungan masyarakat merupakan tim yang bergerak di bidang sosial dan komunikasi di lingkungan kampus maupun di luar universitas. Tujuannya selain mengembangkan HMPS menjadi lebih besar dan dikenal, juga sebagai cara untuk membuat HMPS menjadi lebih bersentuhan dengan hal-hal positif di luar kampus.

Divisi Humas : Triyani, Riany Prasetyowati, Riza Ariani Puspa, Meita Ervi